Wednesday, January 20, 2016

Pengertian Virtual Memory

ikhzanews; hi guys, kali ini saya akan mempostingan pengertian Virtual Memory/Memory Virtual. kali ini saya banyak menampilkan banyak pengertian Virtual Memory/Memory Virtual. So, kalian bisa memilih pengertian Virtual Memory/Memory Virtual yang paling pass :)
      
Pengertian Virtual Memory
Virtual Memory
          Memori virtual (dalam bahasa Inggris: virtual memory) adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari hierarki memori seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM wujud yang terpasang di dalam sebuah sistem. Mekanisme ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam kandar keras (hard drive) yang disebut dengan berkas tukar


         Virtual Memori adalah suatu sistem yang digunakan oleh sistem operasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder (Harddisk). Seolah-olah sistem tersebut menggunakan memori internal / primary (RAM) fisik yang terpasang pada sebuah sistem komputer. Cara kerja sistem ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas pada Hard Drive yang biasa disebut dengan Page File.

        Virtual Memori adalah suatu teknik yang memisahkan antara memori logis dan memori fisiknya. Memori logis merupakan kumpulan keseluruhan halaman dari suatu program. Tanpa memori virtual, memori logis akan langsung dibawa ke memori fisik (memori utama). Disinilah memori virtual melakukan pemisahan dengan menaruh memori logis ke secondary storage (disk sekunder) dan hanya membawa halaman yang diperlukan ke memori utama (memori fisik).

        Virtual memory juga bisa dikatakan sebagai Memori Tambahan yang menjadi fitur setiap masing masing Sistem Operasi , misalnya Linux terdapat Swap . Memori virtual ini , digunakan Sistem Operasi ketika Komputer sedang menjalankan sebuah Program aplikasi yang kapasitasnya melebih Memori yang tersedia .

       Teknik ini divirtualisasikan dalam berbagai bentuk arsitektur komputer dari komputer penyimpanan data (seperti memori akses acak dan cakram penyimpanan), yang memungkinkan sebuah program harus dirancang seolah-olah hanya ada satu jenis memori, memori "virtual", yang bertindak secara langsung beralamat memori baca/tulis (RAM).


Memori Virtual adalah teknik manajemen memori yang dikembangkan untuk kernel multitugas.

0 comments:

Post a Comment